Rabu, 24 Agustus 2011

Frustasi karena pemimpin Anda ?

Kejengkelan akan dirasakan pemimpin yang baik pada posisi tengah, yang bekerja untuk pemimpin yang tidak effektif. Reaksi yang wajar untuk kefrustasian ini adalah memperbaiki atau mengganti orang yang menjadi atasan Anda. Tetapi hal itu biasanya bukan merupakan opsi bagi pemimpin pada posisi tengah. Bahkan sekiranya merupakan opsi, hal itu mungkin tidak tepat. Apapun keadaan kita, keterbatasan terbesar bukan pemimpin diatas kita - melainkan semangat didalam kita.

Apa yang perlu Anda lakukan ketika harus mengikuti seorang pemimpin yang tidak effektif ? Mungkin ini tidak mudah, tetapi Anda masih mungkin bertahan - bahkan mungkin berhasil - dalam situasi seperti ini. Inilah yang saya rekomendasikan ;

1. Kembangkan hubungan yang mantap dengan pemimpin Anda.
2. Identifikasikan dan hargai kekuatan pemimpin Anda.
3. Berkomitmenlah pada diri sendiri untuk menambah nilai kekuatan pemimpin Anda.
4. Mintalah izin untuk mengembangkan sebuah rencana permainan guna melengkapi kelemahan pemimpin Anda.
5. Tunjukan sumberdaya kepemimpinan yang baik pada pemimpin Anda.

Sungguh sulit memperbaiki aspek negatif untuk menambah nilai bagi pemimpin dan organisasi Anda, kecuali Anda tetap bertekun dalam jangka panjang. Pada waktunya nanti, orang akan mengakui bakat Anda. Yang lain akan mengakui kontribusi Anda. Mereka akan mengagumi kemampuan Anda untuk berhasil dan membantu orang lain - meskipun orang yang kurang berbakat dibanding Anda - menuju kesuksesan.

The 360 Leader - John Maxwell

Tidak ada komentar:

Posting Komentar